Langsung ke konten utama

KONFIGURASI SAMBA SERVER, PROXY SERVER, DAN MAIL SERVER PADA DEBIAN DAN CLEAROS




BAB I TEORI DASAR
2.1   Langkah Konfigurasi Samba Server
apt-get install sambacd /homecd /home/foldersamba mkdir share
nano /etc/samba/smb.conf

testparm

apt-cdrom add


nano /etc/squid/squid.conf
cd /etc/squidnano url
nano key
iptables -t nat -A PREROUTING -s 192.168.1.0/24 service squid restart
apt-get install postfix courier-imap courier-pop

maildirmake /etc/skel/Maildir adduser 
nano /etc/postfix/main.confdpkg-reconfigure postfixmail.fifah.ac.id.Service postfix restartUpdate.
Allow Connections. 1.1   Pengertian Samba Server
Samba adalah sebuah program dengan protokol client server yang menjembatani proses penyediaan layanan untuk berbagi data atau dokumentasi antara sistem operasi keluarga UNIX dengan sistem operasi microsoft windows, serta memungkinkan pengguna untuk bisa menggunakan resource yang didukung secara bersama - sama dalam suatu jaringan.Aplikasi Samba server berjalan dibawah platform sistem operasi keluarga UNIX dengan menggunakan protokol SMB atau Service Message Block yang mana protokol ini juga digunakan oleh sistem operasi microsoft windows yang juga memiliki fungsi sebagai jaringan client server dalam proses penggunaan data beserta resource yang ingin difungsikan secara bersama - sama. 1.2   Kelebihan Samba Server
Samba server memiliki kelebihan yaitu sebagai berikut.1.       Bersifat free atau gratis
2.       Mudah dikonfigurasi dan mudah digunakan
3.       Performa yang bagus dalam hal berbagi resource
4.       Jarang mengalami kendala
5.       Support di berbagai sistem operasi keluarga UNIX
  1.3   Pengertian Proxy Server
Proxy server adalah suatu server komputer yang menyediakan layanan untuk meneruskan permintaan user ke server lainnya yang berada di internet. Dengan adanya proxy server maka sebuah komputer bisa dihubungkan dengan komputer lainnya melalui internet.
 Pada umumnya proxy server digunakan untuk mengamankan jaringan komputer pribadi yang terhubung dengan jaringan publik. Proxy server tersebut maka biasanya server diletakkan diantar aplikasi server dengan aplikasi client, dimana aplikasi client berupa web browser¸client FTP dan lainnya sedangkan aplikasi server berupa server FTP dan web server.
 1.4   Manfaat Proxy Server
Proxy Server memiliki manfaat sebagai berikut.
1.       Menghemat Bandwidth
2.       Meningkatkan kinerja internet
3.       Memblokir situs tertentu
4.       Keamanan jaringan komputer
5.       Akses internet lebih cepat
  1.5   Pengertian Mail Server
Mail server yaitu sebuah layanan atau server yang digunakan untuk mengirim atau menerima sebuah email. Mail server dapat digunakan untuk mengolah, mengirim, dan menerima data - data dalam benttuk email dengan menggunakan domain email khusus atau domain sendiri.
Protokol utama yang digunakan untuk mengakses/mengambil email dari mail server yaitu SMTP (Simple Mail Access Protocol), POP3 (Post Office Protocol 3), dan IMAP (Internet Message Access Protocol). SMTP digunakan untuk menampung data serta mengirim email, sedangkan POP3 dan IMAP digunakan untuk membaca email. 1.6   Fungsi Mail Server
Fungsi mail server yaitu mengatur agar email dapat dikirim atau diterima dengan aman dan tidak ada kendala. Selain itu, juga digunakan untuk mengatur dan mengolah email - email yang masuk kedalam kotak pesan masuk. Tujuan dari mail
 server ini adalah membuat transportasi email menjadi lebih cepat, aman, nyaman, tanpa ada gangguan.
 BAB IIKONFIGURASI SAMBA SERVER, PROXY, DAN MAIL SERVER PADA DEBIAN Dalam melakukan konfigurasi samba, langkah yang dilakukan sebagai berikut.1.       Masuk pada root terminal dan ketikkan perintah sebagai berikut.

Ketik ‘Y’ untuk melanjutkan instalasi.2.       Berikan Workgroup atau Domain name pada tampilan selanjutnya. Contoh yaitu diberikan domain name-nya.
 3.       Pindah menuju direktori /home kemudian buat folder baru untuk folder samba dengan perintah mkdir. Adapun perintah yang dilakukan yaitu :
mkdir foldersamba  4.       Sesudah dibuat folder samba tersebut maka masuk ke foldersamba kemudian ketikkan perintah sebagai berikut.
chmod 777 share/ -R useradd tamu smbpasswd -a tamu5.       Lakukan konfigurasi dengan mengetikkan perintah yaitu :

6.       Konfigurasi yang dilakukan yaitu mengubah beberapa bagian script dari samba, yaitu pada bagian Authetication. Script pada samba memiliki jumlah yang banyak, untuk memudahkan dalam pencarian ketikkan ctrl + w untuk mencari kemudian ketikkan kata kunci yang dicari.
 7.       Ketik kembali ctrl + w kemudian cari dengan kata kunci share definitions. Tambahkan beberapa script seperti dibawah.
8.       Lakukan cek apakah konfigurasi telah berhasil atau tidak pada samba dengan perintah :
   2.2   Konfigurasi Proxy Server
Untuk konfigurasi proxy server pada Debian, diperluka 2 buah DVD atau file ISO yaitu DVD 1 dan DVD 2. Hal ini disebabkan pada DVD 1 tidak memiliki repository untuk instalasi proxy. Adapun langkah - langkah yang dilakukan sebagai berikut.1.       Klik kanan pada simbol CD pada VMware dibagian bawah sebelah kiri.

2.       Masuk pada CD/DVD (IDE) lalu pada bagian kolom untuk memuat file ISO dilakukan browse untuk mencari DVD 2 dari Debian lalu OK.
3.       Masuk pada root terminal dan ketikkan perintah :
 Perintah tersebut berguna untuk menambahkan DVD baru dari Debian yang baru saja dimasukkan kemudian ketikkan perintah reboot untuk memulai ulang.4.       Sesudah dilakukan reboot, ketik perintah sebagai berikut. Apt-get install squid
Lalu, ketik ‘Y’ untuk melanjutkan penginstalan.

5.       Apabila menemukan peringatan seperti gambar pada langkah 4 yaitu Media change : please insert the disc labeled, hal yang dilakukan yaitu klik kanan pada icon CD > Settings. Masuk pada opsi CD/DVD (IDE) lalu masukkan file ISO yang pertama yaitu DVD 1 karena pada gambar langkah 4 menyatakan untuk memasukkan Binary-1 yang mengartikan kita harus memasukkan DVD 1.
 Klik open > OK. Sesudah itu, masuk pada Debian virtual kemudian klik Enter.
6.       Proses akan dilakukan namun akan muncul kembali peringatan Media change
: please insert the disc labeled namun yang berbeda yaitu peringatan ini memuat binary-2 yang mengartikan kita harus kembali memasukkan DVD 2 pada kolom koneksi file ISO. Langkah yang dilakukan sama seperti langkah 5 yaitu klik kanan pada icon CD > Settings dan masuk pada opsi CD/DVD (IDE).
7.       Lakukan konfigurasi Squid dengan perintah berikut.
Ubah beberapa script dari Squid dengan mengklik ctrl + w lalu cari dengan kata kunci Squid normally seperti dibawah. 8.       Ubah pula script selanjutnya dengan mencari kata kunci acl CONNECT.

9.       Masuk pada direktori squid dengan perintah :
Kemudian ketikkan perintah : 10.   Pada tampilan interface url, ketikkan url dimana url tersebut akan diblokir pada saat diakses. Contoh yang dimasukkan yaitu url facebook.com. Setelah itu, ctrl
+ x lalu tekan huruf ‘Y’ untuk menyimpan.

11.   Ketikkan perintah sebagai berikut.
Fungsi perintah tersebut yaitu untuk memblokir atas kata kunci yang dimasukkan. Pada contoh yang akan diblokir berupa kata kunci porn dan sex.12.   Lakukan konfigurasi terhadap IP Tables sekaligus restart squid yang sudah dilakukan konfigurasi. Perintah yang digunakan yaitu :
 2.3   Konfigurasi Mail Server
Langkah - langkah untuk melakukan konfigurasi Mail Server sebagai berikut.1.       Instal postfix dengan mengetikkan perintah :

2.       Pertama kali pada post configuration, pilih internet site.

3.       Tampilan selanjutnya yaitu berupa perintah untuk memasukkan system mail name. Untuk penamaan ini otomatis akan muncul, seperti contoh yaitu fifah.fifah.ac.id kemudian langsung tekan tab untuk OK.
 4.       Pada configuring courier-base pilih NO.

5.       Buat folder maildir kemudian tambahkan user baru beserta password dengan perintah berikut.
Selain itu, tambahkan full name dan root number lalu untuk work phone, home phone, other cukup tekan Enter dan tekan ‘Y’ untuk mengkonfirmasi bahwa data yang dimasukkan benar atau tidak.6.       Lakukan konfigurasi postfix dengan perintah :
 

7.       Lakukan konfigurasi ulang dengan perintah :

8.       Kembali    muncul     tampilan     system    mail    name    dan    ubah    menjadi

9.       Tambahkan ‘1’ untuk root and postmaster mail recipient.
 10.   Pada other destinations langsung klik OK.

11.   Pilih ‘Yes’ untuk force synchronous.

12.   Pada local networks tambahkan 0.0.0.0/0 dibagian akhir.

13.   Pilih ‘Yes’ untuk use procmail.
 14.   Isikan ‘0’ pada mailbox size limit.

15.   Untuk internet protocol pilih ipv4.

16.   Lakukan restart untuk memulai mail server dengan perintah :

 BAB IIIKONFIGURASI SAMBA SERVER, PROXY SERVER, DAN MAIL SERVER
PADA CLEAROS
  3.1   Konfigurasi Samba Server
Langkah - langkah untuk melakukan instalasi dan konfigurasi samba yaitu sebagai berikut.1.  Lakukan login terlebih dahulu pada clearOS kemudian setelah login, masuk pada marketplace dan ketikkan pada kolom search yaitu samba. Setelah itu, pilih Select for Install > Install Selected Apps > Download and Install.
2.  Masuk pada Server > Windows Networking kemudian pada Account Manager Configuration, pilih initialize Built-in Directory pada icon Open LDAP.
 3.  Tambahkan pada Windows Network berupa Server Name dan tambahkan pula
password pada Administrator Password kemudian klik Initialize.

4.  Pada Settings, tambahkan Server Name dan Server Comment kemudian klik

5.  Masuk pada pengaturan Mode dan lakukan perubahan dengan mengklik Edit.

 6.  Pada Mode, ubah pengaturan mode dari Primary Domain Controller/PDC menjadi Simple Server lalu Update.
7.  Download aplikasi Flexshares dengan melakukan langkah yang sama seperti pada saat dilakukan penginstalan samba kemudian lakukan konfigurasi dengan masuk pada Server > Flexshares lalu klik Add.
8.  Pada form Settings, tambahkan berupa share name, description, ubah
Group menjadi allusers kemudian klik Add.

9.  Masuk pada Windows File Share kemudian klik Edit.
 10. Pada Settings di Windows File Share, ubah status menjadi Enable lalu Update.

11. Secara otomatis, tampilan pada Windows File Share akan menampilkan berupa informasi berkaitan dengan status, permissions, dan Server URL.
12. Tekan windows + R dan ketikkan server URL yang sudah di-setting.

 13. Secara otomatis akan muncul Windows Security dan masukkan username
berupa winadmin serta password yang sebelumnya telah dibuat.

14. Apabila konfigurasi samba berhasil, maka pada Network akan muncul folder
share.
  3.2   Konfigurasi Proxy Server
Berikut adalah langkah - langkah dalam konfigurasi proxy server, yaitu :1.  Masuk pada marketplace dan ketikkan pada kolom search Web Proxy Server. Pilih Select for Install untuk melakukan penginstalan.
2.  Instal juga Content Filter Engine dengan langkah yang sama seperti melakukan penginstalan pada web proxy.
 3.  Setelah berhasil melakukan penginstalan, masuk pada Gateway > Content Filter and Proxy > Content Filter Engine. Pilih bagian App policies kemudian klik Add.
4.  Pilih Banned site dan klik Edit.

5.  Klik Add pada form Banned Site.
 6.  Masuk link situs yang ingin dilakukan banned. Contoh link yang dimasukkan yaitu facebook dengan link www.facebook.com. Setelah itu klik Add.
7.  Situs yang sudah dimasukkan akan muncul dalam list banned site seperti berikut.
8.  Masuk pada browser yaitu contohnya Chrome kemudian pilih Setelan > Lanjutan > Privasi dan Keamanan > Buka setelan proxy komputer Anda apabila menggunakan bahasa Indonesia.
9.  Pada pengaturan proxy dilaptop atau komputer yang digunakan, pada Use a Proxy server klik tombol On untuk mengaktikan kemudian masukkan Address yang digunakan beserta port-nya.

10. Masuk pada browser kembali kemudian ketikkan link halaman facebook. Maka, halaman tersebut tidak dapat dibuka atau muncul peringatan ”Tidak ada Internet”.
 3.3   Konfigurasi Mail Server
Langkah - langkah untuk melakukan penginstalan sebagai berikut.1.  Masuk pada marketplace dan lakukan pencarian pada kolom search berupa SMTP Server dan IMAP and POP Server seperti dibawah dan lakukan instalasi seperti langkah sebelumnya.
a.       SMTP Server

b.      IMAP and POP Server

2.  Setelah berhasil melakukan instalasi, masuk pada Network > Firewall > Incoming Firewall. Pada form incoming firewall, dibagian atas kanan terdapat tombol Add dengan simbol segitiga terbalik. Klik simbol segitiga tersebut lalu pilih Add by : Service.
 3.  Selanjutnya masuk pada form Standard Service lalu tambahkan Service berupa
SMTP kemudian klik Add.

4.  Hasil setelah menambahkan SMTP sebagai berikut.

5.  Selanjutnya, masuk pada Server > Messaging > SMTP Server kemudian klik
 6.  Pilih opsi lain yaitu System > Accounts > Users. Pada form User Manager klik
Add.

7.  Tambahkan berupa Name dan Password serta pastikan pada pengaturan App policies keseluruhannya menjadi Enable kemudian klik Add.
 8.  Berikut adalah list dari user manager yang telah ditambahkan.

9.  Lakukan hal sama untuk konfigurasi IMAP and POP Server dengan mengklik Allow Connections namun pada Advanced Settings klik Edit ubah menjadi Enable untuk pengaturan IMAP dan POP yang semula masih disable. Setelah itu klik Update.
 10. Download aplikasi Thunderbird sebagai aplikasi pihak ketiga untuk menjalankan mail server. Masuk pada Thunderbird kemudian klik Email pada bagian Akun setelah itu masukkan Nama, Alamat, dan Sandi. Nama yang dimasukkan disesuaikan dengan nama yang telah disetel pada saat menambahkan user manager.
11. Klik pilihan ‘Konfirmasi Pengecualian Keamanan’.
 12. Menjalankan Thunderbird yaitu dengan memasukkan dua jenis alamat yang berbeda. Apabila konfigurasi mail server pada ClearOS berhasil maka dua alamat email yang ditambahkan pada Thunderbird akan dapat melakukan proses saling kirim mengirim.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

IDE.Visual Basic.Net

IDE Visual Basic .NET     1.1    Pengertian Visual Basic Visual Basic merupakan bahasa pemrograman yang sangat mudah dipelajari, dengan teknik pemrograman visual yang memungkinkan penggunanya untuk berkreasi lebih baik dalam menghasilkan suatu program aplikasi   1.2    Pengenalan Visual Basic 1.        Visual Basic adalah salah satu bahasa pemrograman. 2.        Bahasa pemrograman adalah perintah-perintah yang dimengerti oleh komputer untuk melakukan tugas-tugas tertentu. 3.        Dikembangkan oleh Microsoft pada tahun 1991 4.        Merupakan pengembangan dari pendahulunya yaitu bahasa pemrograman BASIC (Beginner’s All-purpose Symbolic Instruction Code) 5.        Bahasa BASIC diciptakan oleh Professor John Kemeny dan Thomas Kurtz dari Kampus Darmouth pada pertengahan tahun 1960-an (Deitel&Deitel, 1999)   Apa itu Visual? 1.        VISUAL adalah cara yang digunakan untuk membuat Graphical User Interface (GUI) 2.        Tidak perlu menuliskan intruksi pemrograman dalam kode

REMASTERING LINUX UBUNTU

SEJARAH SISTEM OPERASI LINUX Pada tahun 1969, Ken Thompson dan Dennis Ritchie (juga adalah developer bahasa C), para peneliti di AT&T Bell Laboratorium Amerika, membuat sistem operasi UNIX, cikal bakal dari Linux. UNIX mendapatkan perhatian besar karena merupakan sistem operasi pertama yang dibuat bukan oleh hardware maker. Selain itu juga karena seluruh source code-nya dibuat dengan bahasa C, sehingga mempermudah pemindahannya ke berbagai platform. Dalam waktu singkat UNIX berkembang dalam dua jalur : UNIX yang dikembangkan oleh Universitas Berkeley dan yang dikembangkan oleh AT&T. Setelah itu mulai banyak perusahaan yang melibatkan diri, dan terjadilah persaingan yang melibatkan banyak perusahaan untuk memegang kontrol dalam bidang sistem operasi. Persaingan ini menyebabkan perlu adanya standarisasi. Dari sini lahirlah proyek POSIX yang dimotori oleh IEEE (The Institute of Electrical and Electronics Engineers) yang bertujuan untuk menetapkan spesifikasi standar

PERCABANGAN

Statemen ini digunakan untuk melakukan aksi setelah melakukan pengujian terhadap suatu kondisi. Pernyataan dalam blok statemen hanya akan dilaksanakan ketika kondisi pengetesan/pengujian bernilai benar. Statement If...Then memiliki beberapa sintaks/cara penulisan sesuai dengan jumlah pernyataan yang akan dieksekusi. 1.        If...Then dengan Kondisi dan Pernyataan Tunggal Text Box: If <kondisi> Then <Pernyataan> Contoh :If Nilai >= 60 Then Keterangan = “Lulus”  2.        If...Then dengan Pernyataan Jamak Text Box: If <Kondisi> Then<Pernyataan_1><Pernyataan_2>..<Pernyataan_n> End If Contoh :If Nilai >= 60 Then Keterangan = “Lulus” Ucapan = “Selamat”End If 3.        If...Then dengan 2 kondisi Text Box: <Pernyataan_Jika_Kondisi_Benar> Else<Pernyataan_Jika_Kondisi_Salah> End If Contoh:If Nilai >= 60 Then Keterangan = “Lulus” Ucapan = “Selamat”ElseKeterangan